Manfaatkan momen Car Free Day, MAPALA UMRI lakukan kegiatan ini

Pekanbaru, Mapalaumri.com (20/11) Car Free Day atau hari bebas kendaraan yang diadakan oleh pemerintah kota pekanbaru setiap minggu pagi yang bertempat di sepanjang jalan diponegoro. acara car free day atau biasa disebut CFD memang selalu ramai dikunjungi masyarakat kota pekanbaru, baik dari remaja sampai yang sudah berkeluarga, momen ini di manfaatkan masyarakat kota untuk berolahraga maupun ingin menghabiskan hari libur bersama keluarga.

Tak hanya itu saja momen ini juga dimaksimalkan bagi komunitas-komunitas yang ada di pekanbaru untuk berbagi informasi. jika sudah lelah berolahraga tidak sulit untuk membeli makanan ataupun minuman karna sangat banyak sekali penjual makanan dan minuman di setiap jalanan CFD tersebut.

momen libur dihari minggu, bertempat di CFD ini juga dimaksimalkan bagi mahasiswa yang bergerak di organisasi pecinta alam Universitas Muhammadiyah Riau untuk melakukan kegiatan di hotan kota pekanbaru yang lokasi nya berseberangan dengan jalan diponegoro untuk melakukan kegiatan Pra-DIKSAR (Pra Pendidikan Dasar) yaitu suatu kegiatan untuk mengaplikasikan kegiatan materi lapangan menjelang DIKASAR dibulan Desember mendatang, karna lokasi hutan kota yang cocok untuk melakukan kegiatan dengan luas hutan mencapai 5 hektar.

dalam kegiatan Pra-DIKSAR ini seluruh anggota baru MAPALA UMRI atau disebut juga siswa ini mempraktikan semua materi ruangan yang pernah di ikuti kemarin (11/11). ada beberapa materi yang dipraktikan siswa pada Pra-DIKSAR kali ini yaitu NAVRAT (Navigasi darat), Survival, SAR, Pertolongan Pertama Gawat Darurat serta Tata Cara Sholat Di Alam.

(siswa melakuakan simulasi pencarian korban pada materi SAR)

Kegiatan Pra-DIKASAR ini bukan pertama kali nya di lakukan oleh Organisasi pecinta alam MAPALA UMRI. ini merupakan kali ke 5 semenjak Berdiri nya organisasi kemahasiswaan tersebut, namun kegitan pra-diksar kali ini terasa lebih semangat dan ramai, dengan jumlah siswa mencapai 35 orang. dan terasa lebih istimewa bagi seluruh anggota karena kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pendiri MAPALA UMRI.

salah satu pendiri atau disebut perintis mapala umri berpesan kepada siswa pendidikan dasar

“untuk siswa mapala umri jalinlah jiwa korsa dan rasa kekeluargaan antar siswa maupun dengan abang-abang dan kakak-kakak senior nya dimapala, karena dengan rasa tersebutlah kita dapat bersama-sama mengepakkan sayap organiasasi ini lebih jauh lagi” ujar Robert Satria. S.I.kom sambil tersenyum dan dengan ucapan “salam lestari…” dengan lantang dan keras di akhir penyampaian nya.

ketua panitia kegiatan ini juga menyampaikan sedikit pesan bagi siswa mapala umri

“ pesan saya, ya bagi siswa mapala umri untuk mengikuti kegiatan pra-diksar ini saya harapkan keseriusan dan kesungguhan nya dalam menerapkan ilmu yang diberikan sehingga nanti dapat bermanfaat bagi masyarakat” ujar Abdurrahman Saleh

pra-dikasar juga merupakan simulasi sebelum kegiatan DIKSAR yang akan dijadwalkan pada bulan Desember mendatang di kabupaten kampar kiri. dimana nantinya para siswa akan berkegiatan dialam bebas selama lebih kurang 5 hari untuk mendalami materi.

Kontributor : HUMAS MAPALA UMRI (Abdurrahman saleh)

mapala umri

Mahasiawa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Riau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *