Peserta MAPALA UMRI Sangat Bersemangat Mengikuti TWKM ke-XXIX di Jakarta


PEKANBARU, Mapalaumri.com (23/10)- Upacara Pelepasan Pendelegasian Peserta TWKM Ke-29 Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA UMRI) yang dilaksanakan oleh MARPALA UBK.

Temu Wicara Kenal Medan (TWKM) adalah salah satu forum nasional terbesar pecinta alam tingkat perguruan tinggi Se-Indonesia menjadi ajang tahunan yang membicarakan dan mengangkat isu-isu lingkungan yang ada di daerah dan kemudian direkomendasikan ke lingkungan nasional. TWKM kali ini mengangkat tema “Aktualisasi Mahasiswa Pecinta Alam Terhadap Bencana Ekologis”.

TWKM ini terbagi menjadi beberapa sub kegiatan meliputi:
1. Temu wicara (TW) merupakan ajang pertemuan yang di hadiri oleh organisasi pecinta alam tingkat perguruan tinggi yang biasanya dihadiri ketua organisasi dan pengurus harian atau perwakilan organisasi yang di delegasikan khusus.
2. Kenal Medan (KM) merupakan kegiatan yang fokus pada bidang penjelajahan medan meliputi gunung hutan, caving, rock climbing, rafting, dan pelestarian lingkungan.
Kenal Medan Hutan Gunung bertempat di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Provinsi Jawa Barat. Kenal Medan Caving bertempat di Gua Garunggang & cioray Jawa Barat. Kenal Medan Rock Climbing bertempat di Tebing Kalapa Nunggal/jeger Bogor. Kenal Medan Rafting bertempat di Sungai Cianten Bogor. Kenal Medan Pelestarian Lingkungan Hidup bertempat di Pulau Pari.

Untuk pertama kalinya MAPALA UMRI mengikuti TWKM ke-27 Pada tahun 2015 yang dilaksanakan di Karawang Jawa Barat. Dan pada tahun 2017 MAPALA UMRI juga mengutus dua orang anggota untuk mengikuti TWKM ke-29 di MARPALA UBK Jakarta. TWKM tahun ini MAPALA UMRI mengutus Rani Puspina (sekretaris umum) dan Abdurrahman Saleh (divisi humas). Rani Puspina mengikuti Kenal Medan yaitu Pendakian Gunung Gede sedangkan Abdurrahman Saleh mengikuti Temu Wicara.

Upacara Pelepasan Pendelegasian Peserta TWKM Ke-29 Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA UMRI) di laksanakan pada hari Minggu, (22/10) yang dihadiri oleh Pembina MAPALA UMRI, Perintis MAPALA UMRI, Anggota Kehormatan MAPALA UMRI, Anggota Penuh MAPALA UMRI, Anggota Muda MAPALA UMRI serta Calon Siswa MAPALA UMRI.

“ Dalam mengikuti kegiatan TWKM ini tetaplah jaga kekompakan kalian, jangan membuat malu nama organisasi MAPALA UMRI dan Universitas, mudahlah bergaul sesama anggota MAPALA lain, dan bawalah ilmu-ilmu yang didapat disana ke MAPALA kita ini.” Ujar bapak Evan Fuad S. Kom,.M.Eng selaku Pembina MAPALA UMRI.

Perintis sekaligus Anggota kehormatan kakanda Robert Satria, S.I.Kom juga menyampaikan pesan kepada peserta TWKM yang berangkat “semangat terus untuk peserta TWKM dan harumkanlah nama organisasi kita yaitu MAPALA UMRI”

Kontributor – Humas Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Riau

mapala umri

Mahasiawa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Riau

Leave a Reply